Monday 7 December 2015

NASIB TENAGA HONORER

Apa sih definisi tenaga honorer? Tenaga honorer adalah seseorang yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu pada isntansi pemerintah atau yang pengahsilannya menjadi beban APBN/APBD. Itu yang saya dapat dari hasil googling.
Saya sendiri punya definisi khusus untuk tenaga honorer. Menurut Mumu, Definisi TENAGA HONORER adalah karyawan dengan status paling rendah yang bekerja pada suatu instansi pemerintahan yang harus selalu siap siaga melakukan tugas-tugas tertentu. Perhatikan baik-baik pada kata TUGAS-TUGAS TERTENTU. karena ketika menjadi tenaga honorer akan banyak tugas-tugas tertentu yang akan di bebankan ke kamu. Dari yang penting sampai gak penting.
Kalau kamu jadi tenaga honorer, seperti yang saat ini sedang saya alami. Maka, kamu harus siap-siap disuruh ini itu, kadang-kadang mengerjakan yang bukan tugas kamu, gak boleh mengeluh capek tapi dapat gaji paling rendah. Saya sendiri merasa ALHAMDULILLAH dengan gaji saya saat ini. Lumayan untuk jomblo seperti saya. Cukup buat beli bedak, lipstik, perawatan wajah dan kawan-kawannya.
Namun, pada sebagian honorer lain sungguh sangat miris. Apalagi kalau honorernya pakai istilah "mengabdi". Wiiihhhh... Alamat gak bakal dapat gaji. Seperti teman-teman saya yang kerja di puskesmas. Mereka hanya dapat bayaran dari BPJS yang di bayar per tindakan. Tahu berapa? Tidak sampai 400ribu. Bukannya memandang enteng uang. Tapi, hellooooo? 400rb mau di pakai apa? Bukan hanya perawat saja. Setahu saya guru juga sama. Kalau masih honorer gajinya tidak sampai 500rb/bulan. Itu pun di bayar per tiga bulan. Miris yah? :'(
Kalau kamu seorang tenaga honorer itu artinya kamu harus siap-siap mengerjakan hal-hal yang sebenarnya tidak penting, bisa mereka lakukan sendiri, hanya karena kamu seorang honorer maka harus kamu yang mengerjakannya.
Contohnya : ketika ada yang tanya "Mu, punya penjepit kertas?" Itu artinya apapun yang sedang kamu kerjakan, kamu harus berdiri dan mencarikan penjepit kertas.
"Mu, ambilkan saya SK di bundle." Kamu harus segera berdiri dan mengambilkan SK yang di cari padahal dia duduk tepat di dekat lemari SK. :'( Yaaa ALLAH.... :'(
"Mu.... Coba sini deh... Bantu edit ini." Apapun yang sedang dikerjakan harus cepat bangkit dan segera menuju sumber suara.
Gitulah sehari-hari yang saya alami. Itu cerita sebagai tenaga honorer. Kamu? Hehehe
PS: Pokoknya teman-teman honorer semangat yaa... Hidup memang keras. :") cumumut eeeaaahhhh :D

No comments:

Post a Comment