Monday 15 June 2015

Review Wardah Acne Series : Acne Gel, Acne Moisturizer, Acne Loose Powder, Acne Scrub, Gel Facial Wash

Assalamualaykum readers yang cantik, dan tampan (mungkin?) hehehe...
Aku hadir lagi... Mau kasih review lagi... Kali ini WARDAH ACNE SERIES... Lagi lagi daaann lagi... Masalah jerawat... Jangan bosan-bosan yah klo kebetulan mampir kesini terus bacanya soal jerawat jerawat daaan jerawat... Maklum yang punya Blog ini kulitnya bermasalah sama jerawat.

Ada 5 produk wardah dari Acne Series-nya yang aku mau review sekaligus.
Gel facial wash
Acne perfecting gel
Acne Gentle scrub
Acne perfecting moisturizer gel 
Acne loose Powder
Langsung aja... Check it out...

Gel Facial Wash :

 gambarnya ambil di Google, 
soalnya udah gak yau kemana niih facial wash-ku ^^

Bentuk Gel dan Bening, gak banyak busanya. Wanginya menurut aku enak, subjektif sih. Menurut berbagai sumber yang aku baca, katanya kalau muka sensitif itu cocoknya pakai pencuci muka yang gak banyak mengandung sabun, cirinya yaitu gak banyak busa. Lebih bagus yang bahannya gel. Awalnya aku berharap banyak sama pencuci muka ini. Sayangnya harapan tak seindah kenyataan. Kalau habis cuci muka pakai ini muka masih berasa kotor, kayaknya debu-debu jalan yang nempel dimuka gak terangkat dengan sempurna.
Untuk ini fotonya aku ambil di google, soalnya udah gak tau dimana aku simpan facial washnya. Udah gak pernah pake.


Acne Gentle Scrub :
Bagian Kiri itu isi dalamnya, Bentuknya si Scrub

Scrub yang bentuknya gel dengan butiran-butiran biru (catet ya : bukan butiran debu). Ada baunya, tapi gak ngeganggu sih. Cerita ini untuk membersihkan komedo dan sel kulit mati yang di gadang-gadang cocok buat kulit berjerawat. Benarkah? Hmmmm... Gak berlaku kalau untuk saya. Komedo gak terangkat meskipun udah di gosok²... cuma bikin muka makin merah. -_-

Acne perfecting Moisturizer Gel :
Kiri Bawah itu Setelah diratakan krimnya?
 Mengkilat, rasanya kayak basah pas dipakai

Pertama kali tau ada pelembab untuk kulit berjerawat rasanya senaaaang banget. Apalagi sudah ada SPFnya. Yaaa.. seperti produk yang lain. Pelembab wardah ini malah bikin kecewa :-( Meskipun d bilang gel, tapi teksturnya gak kayak gel, kayak pelembab biasa aja, cuma kalo di bandingkan sama pelembab yang lain, wardah ini lebih encer. Pas di apply ke muka rasanya bukan bikin muka lembab, tapi malah berasa lengket kalo menurutku. Jadinya kayak belom mandi. Trus selesai di apply muka jadi kayak berminyak, bukannya keliatan glowing malah keliatan kusam. -_- kayak orang belom mandi. Apalagi setelah pakai 2 jam-an, Maa Sya ALLAH... jadi kayak anak gembel... :'-D Pelembabnya ini aku pernah pakai tanpa bedak maupun dengan bedak. Waktu di pakai tanpa bedak seperti itu lah hasilnya. Setelah pakai bedak???


Acne Loose Powder :
Ini penampakan Loose Powder-nya

Naaaah ... Ini bedaknya 1 paketan nih pakainya sama pelembabnya. Gak usah tekstur lah yaa.. Emang ada yang gak tau gimana bedak bubuk??? Bedak ini cuma 1 shade aja... Sebenarnya sudah dari awal ragu untuk ambil, tapi karena aku pikir mungkin ini warnanya netral bisa masuk semua warna kulit. Yaa udah nekat ambil. Bedak ini aku pakai setelah pelembabnya. Hasilnya? Yaa ALLAH... Makin kusam daripada gak pake bedak. Sama sekali gak tahan minyak -_- jam 11am muka mulai minyakan...

 Entah kenapa juga setelah memakai rangkaian produk wardah ini malah makin komedoan dan jerawatan. -_-
Awalnya aku pikir purging. Tapi sudah lewat sebulan makin parah. Kusam dan jerawatan. Kalaupun purging, manaaaa tahan....???

Acne Perfecting Gel :
Penampakan Acne Gel

Acne gel-nya wardah ini sengaja aku simpan di akhir. Soalnya diantara semua produk dari line acne seriesnya wardah yang aku cobain, ini yang agak mendingan.
Gel bening ini cukup di oleskan di area yang ada jerawatnya. Gelnya bening jadi kalo mau di timpukin di atas make up bisa. Aku biasanya pakai pas malam aja. Setelah di totol ke jerawat, area yang di totol akan berasa periiih banget. Apalagi kalau masih awal-awal dan belum terbiasa. Wah.. perih banget. Gel ini memang membantu mengeringkan jerawat. Tapiiiiiiii, jerawat yang di totolin bakalan makin merah dan sebelum jerawatnya mengering bakal berbentuk putih-putih isi  kayak nanah gituh. Dan, meninggalkan bekas kemerahan meskipun jerawatnya udah kering -_-
Gel ini benar-benar bikin galau. Disisi lain benar-benar cepat kempesin jerawat, tapi disisi lain bikin muka makin merah -_- hadeuuuuhhh...

Rating : Rangkaian Wardah aku kasih 2 dari 5. Maaf yaaa wardah :'(

Sekian Yaaa Review kali ini...
ohh yaaa terima kasih untuk kalian yang sudah mampir disini sengaja maupun tidak sengaja meskipun silent reader..  :-) Hope U enjoy & Found it Usefull... ^^

65 comments:

  1. jadi sekarang pakek apa kak buat ngatasi jerawatnya ?

    ReplyDelete
  2. nice review sis, kalau dicombine dengan Antioxidant Spray dari Avoskin bisa gak ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sist... Aku kurang tau juga yaa sis... Intinya produk itu cocok2an... Tergantung kulit masing2...

      Delete
  3. waaaah liat review kamu, aku jadi gak mau pake wardah acne series...
    karna berhubung kulit aku sama deh kayak kamu, dan sekarang aja aku masih galau untuk pelembab siang&malamnya, untuk facial wash nya aku pake biokos tapi belum ada perubahan yg gimana2 juga sih...
    *loooh aku jadi curhat deh:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. produk itu cocok-cocokkan juga say... siapa tau kamu cocok sama wardah... tapi kalau buat kulit macam kita ini jangan coba-coba dehh... :-D

      di sabarin aja dulu say... jerawat memang lama sembuhnya... sekarang aku Alhamdulillah sembuh... pakai yang alami aja... mungkin bisa baca aja ini http://mumuschuapchuap.blogspot.co.id/2016/03/akhir-ya-bebas-jerawat.html

      Delete
  4. Ampun....
    tadi baru aja di tawarin produk ini.
    habis bingung mau digimanain nih muka ..
    ada saran gak yaahh sis..
    selain ke skincare..
    itu pilihan terakhir banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pakai yang alami-alami say sekarang. Lama sih, tapi bagus lebih aman... baca ini : http://mumuschuapchuap.blogspot.co.id/2016/03/akhir-ya-bebas-jerawat.html

      semoga bisa mulus lagi... Aku ngerti banget gimana rasanya jerawat... GALAU ABISSSS... :-D

      Delete
  5. aku baru coba pakai nih rangkaian nya :( semoga cocok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana niih kabarnya skrg? Sharing hasilnya dooong...😃

      Delete
  6. Sis coba pake rangkaian produk Acnes dari Mentholatum deh. Bener2 memuaskan loh. Aq sudah pake macem2, ada yg lama ada yg cepet tp bikin kulit kering, & begitu makeup-an langsung jerawatan lagi.

    Q coba rangkaian acne treatment series dari Acnes, mulai facial foam, clenser, & powder lotion. Pas dipake cocok, ada jg acne sealing jell & compact powder nya ada 3 macam tone warna.

    Tadinya msh gk berani makeupan. Eh pas terpaksa makeupan di nikahan sodara, emeizing bgt q gk jerawatan sm skali. Gitu juga klo haid. Pdhal biasanya selama haid juga sebelum & sesudahnya q pasti jerawatan parah. Tp pake rangkaian acnes ini alhamdulillaah gk pernah lg. Pdhal q naik motor tnpa masker

    Dicoba deh sis. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Astrid... salam kenal juga yaa... makasih udah mampir... Waaahh... Alhamdulillah kamu nemy produk yg cocok yg sis... aku pengen nyoba sealingnya gel acnes... soalnya kalau mau haid jerawat muncul satu2 biji... -_-

      Delete
    2. Hai mba mau sharing jg, senangnya km bisa cocok pake acne trearment series dr acnes, tp ga begitu denganku hiksss... dlu udh berharap bnyak sih ke acnes, trnyata di aku g ada hasilnya sama sekali malah :(((

      Jerawatku ga bnyak sih, tp ckup bandel gt. Dan smpe skrg masi bngung pake perawatan apa yg cocok :((
      Mohon pencerahannya kalo ada saran ya D:

      Delete
  7. Makasih sis review nya.. aku pikir wardah benar2 bagus. Tapi ternyata cocok2an yah.. dulu saya korban dari natasha dan nava green dan juga cream racikan dokter. Kalo gak make sekali aja wajah langsung kusam jerawatan dan bentol2.. Sekarang saya pake yang alami masker dari rempah2 racikan saya sendiri. Alhamdulillah sekali make jerawatku langsung kering.. dan sekarang jerawatq sudah sembuh.. saya sudah gak mau lagi memakai cream n juga kosmetik yang dijual dipasaran yang aq ga tau bahan2nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sist... makasih sdh mampir kesini dan bagi pengalamannya... sama sist, sy jg dulu spt itu... tp skrg udah sembuh berkat bahan alami... awalnya sih susah, soalnya jerawat pada keluar2 akibat ktergantungan krim2 itu... tp setelah bbrapa bulan pake masker racikan sendiri gak kerasa muka jadi lebih sehat n jerawat sembuh... kapok deehh sm produk2 racikan apalah2... meskipun dr klinik terkenal....

      Delete
    2. Kalau boleh tw racikan sendiri itu apa aja ya Mbak,,,muka saya berjerawat, saya juga pakai wardah tapi wajah saya timbul mruntus2 gitu, pengen banget hilangin jerawat

      Delete
    3. Racikan dr bahan alami, kayak kopu, kunyit dll.... tp kopi siihh yg paling OK di aku... coba baca juga ini :

      http://mumuschuapchuap.blogspot.co.id/2016/03/akhir-ya-bebas-jerawat.html

      Delete
  8. Klo yg wardah renew you pernah coba ga?

    ReplyDelete
  9. Klo yg wardah renew you pernah coba ga?

    ReplyDelete
  10. kalau aq kapok pakai wardah. meski harga ratusan ribu udh g percaya lg. pasti g cocok nya. mulai make up smp skincare g ad yg memuaskan. lipstik bikin bibir kelupas parah smp berdarah, make up bikin komedoan. kl ad yg muji2 wardah bgus bgt aq yakin cm d internet. blm pernah ketemu sm org ky gt d dunia nyata. bahkan tukang kosmetik aj bisik2 d blakang nyaranin kl punya uang buat beli skincare wardah yg ratusan ribu (yg seri mahal ny it loh) lbh baik beli olay atau loreal aj mbak. bgitu lah kata para pedagang skincare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... berarti qt sama dooong... sama2 gak cocok sm wardah. Apalagi make up nya... kalau utk liptik pernah coba yg mate... judulnya mate tp gak mate. Tp gak smp bikin ngelupas siiih... aku ada teman yg cocok pake wardah... kembali lg siihh... cocok2kan...

      Delete
  11. Baca review kakak sama kayak yg aku alamin :(, pake wardah acne series mukaku yg awalnya cuma berjerawat 1, 2 jadi nyebar ke seluruh wajah. Bintik2 merah habis pke acne treatment gell nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiihhh.... ngeri iihhh... psti perih bgt tuuuhhh....

      Delete
  12. buat komedo coba deh pake baking soda (yg arm n hammer sekitar 27K). jadi si baking soda ambil dikit n dicampur aer biar jadi macem paste. terus diolesin di muka perlahan2 n didiemin 5-10 menit abis itu cuci pake aer anget. udahannya merah2 dikit tapi back to normal lagi kok. n ini paling ampuh buat komedo2 yg item

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... makasih sdh mampir... iya.. baking soda emg banyak manfaatnya.. sering liat org bikin DIY skincare pake baking soda... dulu aku juga sempat pake baking soda... 😃

      Delete
  13. Sya bru beberap hari cb yg treatment gel mbak, muka saya kok jd tambah gelap, sylah bc review mbak spertinya sy ktmu alsannya, muka at kykny setipe mbak, mbak pake ap mbak biar mukany bebas jrawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Apri... waahh... segera di stop aja kalau emang udab berasa gak cocok... aku bebas jerawat setelah perjalanan yg sangat panjang... terakhir aku pakai bahan2 alami... coba liat di postingan saya yg lain... :)

      Delete
  14. Hai sis, aku juga dulu tertarik banget pake acne series dari wardah, soalnya baca review2 gitu katanyaaa sih bagus, tapi setelah aku pakai tetep gak ada perubahan tuh, apalagi kulitku berminyak,
    pake cleansing gelnya malah bikin kering trus ada bruntusan2 kecil gitu.. sekarang lagi make treatment dari dokter sih, semoga berhasil.. :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga sis... waahhh... ternyata banyak yg gak cocok yaa... semoga muka kamu bisa mulus lagi deehh... AAMIIN =)

      Delete
  15. Hai kak...jerawat diwajahku cuma 1 2 gt tp setelah pake wardah lightening waduuhhhh jg jerawatan,,risih jadinya.,bingung gimana ngobatinnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga.... yg jelas kamu hrs stop pake dan untuk sementara tenangkan kulit kamu. Jangan pake apa2 dulu. Keluar pake sunblok, ada banyak di jual di apotik. NO Make up selama jerawatan. Aku sih dulu, pake bahan2 alami sbg masker dan jerawat hilang dehh.. yaa, tp kalo pake bahan alami mesti sabar =D

      Delete
  16. Cerita kita sama kak ! Jerawat aku makin parah karena paket acne dari wardah :'(
    Rasanya udah putus asa ngadepin jerawat !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maa sya ALLAH... banyak juga niihhh yaa yg punya pengalaman buruk sm wardah acne series.... sabaaarrrr... aku ngerti perasaan kamu... rasanya tuh kayak sediiiihhh banget... jangan putus asa... Insya ALLAH bisa sembuh kookkk... aku pake bahan2 alami, Alhamdulillah skrg sdh sembuh... semangat yaa... 😉

      Delete
  17. Haii, salken yaa. btw aku baru mau pake acne cleansing gel nya nih. Ntah gatau cocok/engga😅 Kebetulan tipe2 muka yg trgantung cuaca gtu, tp skrng ini jerawat keluar lg bnyk2nya krna sempet pake skincare yg 'katanya' bagus jd bngung ngatasinnya gmna;( trs bnyk yg recomend pake wardah, krna kebetulan kk sya pake serum wardahny gtu muka nya jd bersih bgt.. jd bngung pas baca artikel ini😓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... salken juga... 🤗 aduuuhhh gimana yaa? 🤔 bingung juga niihh... mamaku juga pake serum wardah cocok bgt... tipe kulitnya mamaku normal... tp berdasarkan pengalaman dan laporan, utk yg kulitnya berminyak, sensitif dan korban produk kayaknya gak cocok... tp beda2 sihh tiap org... atau kamu coba aja dulu... seminggu pake muka kamh jd "aneh" langsung bye bye aja.. 😀😀😀 selamat mencuuubaa... 😄😄

      Delete
  18. hai mumu boleh tau gak buat masker kopi dan kunyit nya bagaimana ?
    ada perubahan kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga myrani... biasa aja. Kopi di campur air bersih sampai berbentuk kyk masker siap pakai... gak ada takaranx...kalau kulit aku parut terus oles... perubahan signifikan... sembuh jerawatnya. Skrg cuma jrawat kalau mau haid... 1 atau 2... nggak pernah kyk dulu lagi yg ampe cystic n bernanah... bisa baca di sini

      http://mumuschuapchuap.blogspot.co.id/2016/03/akhir-ya-bebas-jerawat.html

      Delete
  19. Sebelum pake pelembab wardah muka aku lgi jerawatan tpi ga banyak, aku pikir karna ga cocok sma plembab yg lama, mangkanya aku gnti ke pelembab dri wardah yg mousturizer perfecting gelnya yg ktanya pelembab utk muka jrawatan+brminyak. tapi setelah dipake kyak org blm mandi :( jdi aku pke bedak taburnya wardah tpi bukan yg acnes. Stelah bberapa minggu jerawat aku bukannya mkin sdikit mlah tambah bnyak :'( tumbuhnya kecil" gtu jdi kayak beruntusan apa lgi dijidat. Pengen ganti lgi plembabnya tpi syg blm abis. aku kira bakal hilang nih jrawat, mlah makin banyak aja :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiihhh... stop aja... jgn sayang pelembabnya... daripada muka kamu tambah parah... pake yang alami2 aja dulu..
      Emang kalau pake pelembabnya tuh yang paling nggak banget di aku... jadi kayak gembel yg belom mandi 😑😶

      Delete
  20. Aku juga baru pake pelembab sama bedak acne seriesnya wardah. Mukaku malah jadi kasar. Nambah banyak jerawat batu. Padahal sebelumnya cuma jerawat biasa 1 atau 2. Sedih bgt lah sm wardah :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii "unknown" 😄🙋
      Jerawat batu tuh yang paling ngeselin... udah gede, merah, sakit, apalagi kalau ditegur orang makiiiin sakit.semoga cepat sembuh yaa...

      Delete
  21. Kak mau tanya kalo muka bruntusan di obatin nya pake apa ya kak susah bgt nyari obay buat bruntusan kak �� :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Erika... dulu saya juga pusing kalo bruntusan... sakit perih gatal putih kayak nasi ngumpul jadi satu... dulu saya juga pake ini itu... tapi kalo sekarang cuma pakai bahan alami aja... kayak masker kopi... 😉😊

      Delete
    2. Kopinya yang dipakai kopi apa tuh kak??banyak jerawat di jidat dan bruntusan disekitar hidung, bikin gak pede kalo di make up :(

      Delete
    3. Kopinya yang dipakai kopi apa tuh kak??banyak jerawat di jidat dan bruntusan disekitar hidung, bikin gak pede kalo di make up :(

      Delete
    4. Kopi biasa aja, yg asli dan alami... kopi Indonesia, bkn kopi vietnam... hehehe

      Delete
  22. Durudurudu.. gue pikir cuma gue doang pake pelambab acne wardah muka jdi dekil terus jerawat makin parah. Jadi bruntusan gitu. Awalnya pake pelembab warda light seris. Semenjak g pernah dandan gara2 ngurus anak udah g make apa2. Tbtb ganti produk wardah light ke produk sebelah malah bruntusan. Terus gue coba beli wardah acne pelembabnya. Eh malah makin ancur. Tapi alhamdulillah sekarang pake minyak kelapa+jeruk nipis. Memang yah yang alami kudu banyak sabar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.... dekilny itu loohh, bikin dituduh belum mandi... :'(
      Yang alami haruuuuusss ekstra sabar... tapi hasilnya Insya ALLAH aman dan bagus... dan mendetoks... skrg setelah pakai alami muka nggak sensi lagi Alhamdulillah... kalo mau pakai bedak udah nggak takut2 lagi... :) semangat pake bahan alaminyaa...

      Delete
  23. Bagaimana dengan produk jafra mba? Sudah pernah coba alhamdulilah produknya alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba soalnya ada teman yg pake trus breakout... takuuut...

      Delete
  24. Masker kopinya itu gmana ya mbag makenya??
    Pengaplikasiannya brapa lama?

    ReplyDelete
  25. Hay kak,
    Aku bingung sumpah, aku udah coba pakek ini itu tp ga ada yang cocok, jerawat hilang, komedo banyak, komedo ilang, kulit kering, 😂😂,sampek bingung kak aku mau pakek apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... 11 12 laah kita ini... pakai ini itu serba salah... ada ajaaaa masalahnya..
      Tp sy skrg pakai bahan2 alami aja sih... silahkan ubek2 isi blog... makasih dah mampir... 😊😊

      Delete
    2. ngatasin jerawat emang susah2 gampang sih....harus banyak2 trial error buat nemuin yg cocok huhuhu sedih...tapi kalo uda sekali nemu yg cocok bakal cepet hilangnya

      Delete
    3. Jadi takut pdhl tdiny mu nyoba pke wardah...soapny kulit q sensitif pke apa" ga cck

      Delete
  26. Mbak mau tanya dong sekarang sabun mukanya masih pakai teraskin ya atau dah ganti ?
    Parasol sunblok yg mbak pakai ada spfnya atau nggak ?
    Aku dah bingung pakai skin care nggak kunjung sembuh jerawatnya dari yg murah sd harga selangit, dan dah takut juga pakai yg kimia2 an mau semvuh malah bikin parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti2 sih klo facial wash... Skrg klo pake theraskin, pakenya yg buat kulit normal... Krn skrg kulitku cenderung kering tp berminyak pd bagian tertentu... Apalagi saat2 lg panas gitu.. 😑
      Parasol itu sunblock jd ada spfnya doonng...
      Hmmm... Dulu aku jg gitu.. Cobain aja pake yg alami2... 😊

      Delete
  27. Waduh...pdhl baru mu nyoba pke wardah jdi pikir" lagi nih,soalnya kulit q sensitif

    ReplyDelete
  28. beruntung aku baca ini,..terima kasih Mumu Ahmad, tadinya aku mau beli deh,..gak jadi,..

    ReplyDelete
  29. Tadinya aku mau beli, karena aku pikir g terlalu berat ini kalau pakai wardah, karena pengalaman dengan jerawat yang lumayan, mulai dari Dr. Vonny Spkk, J****r, R****h, dan sekarang aku g pakai apa2 nih, karena kmrin ternyata aku g cocok di skincare terakhir yang aku pakai semua muka aku alergi dan kelopak mata yang gak aku pakaikan cream ikut membengkak. Aku sekerang stop cream deh, menurut dokter yang nyembuhin alergi aku, kalau cream racikan belum tentu takaran pas di setiap ingredientsnya, dan belum tentu higienis dan bisa bertahan lama, jadi kalau bisa pakai yang alami saja. makasih Mumu Ahmad, cancel deh aku beli wardah nya,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, makasih juga udah mampir... tapi mungkin aja cocok... krn skincare kan cocok2an... kalo di saya sih, yaa sesuai dengan review ini... oohhh ya... ini ada tulisan sy yg lain, siapa tau bisa bantu... Alhamdulillah sy sdh bebas jerawat...

      http://www.okinomosaa.com/2016/03/akhir-ya-bebas-jerawat.html?showComment=1510543445856&m=1#c5408665220804522516

      Delete
  30. Hai sist, aku baru baca blog kamu nih sekarang karna apa yang kamu alamin sama seperti yang aku alamin. Aku juga lagi nyobain wardah acne series walaupun baru 2 minggu. Dan keadaan muka aku sekarang setelah pake wardah acne series malah jerawatnya muncul terus, dan jerawat kecil2 kaya pasir di bagian jidat aku parah banget sih. Aku bingung sekarang mau terusin pake wardahnya atau berhenti pake wardahnya ya ? Karna aku ngeliat muka ku jerawatnya makin parah sih dari sebelumnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm... mungkin nggak cocok kali ya... atau bisa jadi purging.. tp klo aku sih mending berhenti aja...

      Delete